Menu
Moh. Kurdi

Pelatihan Pembuatan Kerupuk Pentol Ikan Oleh


Sebagai seorang dosen mempunyai peran dan tanggung jawab sosial bagi masyarakat, salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat. untuk mewujudkan peran tersebut, dilakukan pendampingan dan pelatihan bagi UKM yang ada di Desa Legung Timur dalam bentuk produk pentol ikan. seperti yang dikatakan oleh Fatmawati selaku pelaksana kegiatan ini mengatakan bahwa pada tahap awal untuk pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat yaitu melakukan koordinasi dengan pengrajin tentang sarana prasarana serta bahan-bahan yang digunakan untuk kegiatan pelatihan. Kegiatan ini dilaksanakn pada tanggal 20 Mei sampai dengan bulan 18 Oktober 2019 yang juga disi dengan memberikan sosialisasi penataan tempat produksi imbuhnya. 
sedangkan menurut Moh. Kurdi dalam melakukan kegiatan ini perlu juga mempersiapkan instruktur yang menguasai bidang-bidang yang akan dilatihkan kepada para peserta. Persiapan instruktur dilaksanakan pada awal kegiatan untuk mematangkan kembali program–program yang akan dilaksanakan kepada mitra, sehingga terjadi sinergi yang baik dalam kegiatan ini. Persiapan instruktur ini meliputi: pembuatan materi pelatihan secara terstruktur, baik dalam bentuk bahan cetak mapun media powerpoint, mempersiapkan materi pelatihan untuk pelatihan dan pendampingan, pelatihan dan pendampingan penataan tempat produksi yang sesuai dengan situasi tempat usaha dan pelatihan dan pendampingan proses produksi.
Pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari perserta, sehingga harapan dari peserta pelaksanaan kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan sekali saja, tetapi terus dilanjutkan dikemudian hari menurut wati.


Tidak ada komentar